LKS JABAR KE 28 BIDANG LOMBA MOBILE ROBOTIC

Hari ini adalah hari dimana LKS KE 28 dari Provinsi Jawa Barat digelar. Alhamdulillah SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi diberikan kepercayaan untuk bertanggung jawab dalam menyelenggarakan 3 mata lomba dari puluhan lomba yang ada, dan salah satunya adalah mobile robotics yang diselenggarakan pada hari rabu dan kamis. Dalam lomba robotics kali ini, perusahaan penyelenggara masih bekerja sama dengan PT FESTO (Owner dari penyedia Robotics). Mata lomba Mobile Robotics diikuti oleh 9 Sekolah yang sudah terdaftar dalam dinas pendidikan, diantaranya SMKN 1 Cimahi yang telah menjadi langganan juara, SMKS Insan Kreatif, SMKN 1 Cikampek, SMKS Taruna Sakti Purwakarta, SMKS Prakarya Internasional, SMKN 2 Kota Bekasi, SMKN 1 Cimahi, SMKN 2 Depok, SMKN 2 Tasikmalaya dan Terakhir adalah tuan rumah yaitu SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi.

Dalam Mata lomba Mobile Robotics, Kompetensi keahlian yang disyaratkan tidak terpaku kepada kompetensi keahlian Elektro, akan tetapi kompetensi keahlian TKJ dan Mechatronic pun bisa ikut berpartisipasi, asalkan segala persayaratan terpenuhi dan kemampuan si peserta mendukung.

Lomba Mobile Robotics dinilai oleh 3 orang juri, yang didatangkan langsung dari PT. FESTO, yaitu Bpk John Marathon, Bpk Dimas Khafith, dan Bpk Eka Apriandi. Mata lomba Mobile Robotics dipesertai oleh 2 orang per team / perwakilan sekolah. Dimana masing-masing team memiliki peraturan yang sama, waktu yang sama dan kesempatan yang sama. Hanya yang membedakan adalah persiapan dan kesiapan. Penyelenggaraan ini dilakukan selama 2 hari full, dari pagi pukul 08.00 sampai dengan selesai pada pukul 18.00 (menyesuaikan timeline). Adapun perincian detailnya sebagai berikut :

– Briefing
– Persiapan
– Set up time
– Sesi percobaan 1 sampai 3
– Ishoma
– Persiapan Penilaian
– Sesi Penilaian
– End of the day
– Pre-next competition

Arena Mobile Robotics berjumlah 2, yaitu arena kiri dan arena kanan, dimana masing-masing arena terbagi menjadi beberapa team, arena kiri 5 team dan arena kanan 4 team yang sidah dibagi berdasarkan kesepakatan bersama. Kedua arena juga memiliki project yang sama, baik dari tantangannya, dropboxnya, standboxnya, workpiecenya dan obstaclenya semua berjumlah 7 buah. Sehingga penilaianpun dilakukan bukan berdasarkan pembagian arenanya, melainkan berdasarkan jumlah perolehan nilainya. Berikut adalah perhitungan penilaian mata lomba mobile robotics :

– Point 8, dimana robot mampu keluar dari kotak Home
– Point 3, dimana robot mampu menyentuh workpiece yang ditargetkan
– Point 5, dimana robot mampu menjatuhkan workpiece kedalam dropbox
– Point 10, dimana robot mampu menyelesaiakn semua tugas dan target dalam waktu yang cepat.

Berbagai isu banyak diutarakan oleh kesemua peserta lomba mobile robotics. Diantaranya adalah terkait robot, peraturan lomba, dan yang palung utama adalah script robotino. Dari kes9 peserta hanya 2 yang memiliki robotino sendiri, yaitu SMKN 1 Cimahi dan SMKS Insan Kreatif. Dan untuk selebihnya menggunakan robotino yang disediakan dan dipinjamkan dari PT FESTO.

Banyak kendala yang dihadapi oleh para peserta lomba, diantaranya adalah masalah robotino yang mereka operasikan. Permasalahan terjadi pada koneksi wifi robot dan sensor robot yang terkadang kurang tajam dalam membaca arena. Ditambah banyak para peserta yang memang dalam persiapan lomba belum begitu mengenal Robotino prodak PT. FESTO, bahkan tidak pernah melatih dengan menggunakan robot langsung, hanya simulasi saja. Sehingga ini menjadi PR besar buat para peserta dikedepannya untuk bisa diberikan fasilitas yang lebih dalam menunjang kesiapan belajar menuju lomba kompetensi sekolah berikutnya.

Untuk teman-teman ketahui, ada hal yang unik dari perlombaan mobil robotics disetiap evennya, yaitu soal dari lomba tersebut selalu dibuat dihari H (dadakan), tantangan dan target ditentukan bersama-sama melalui undian yang disiapkan dewan juri. Selain itu tata cara dan peraturan lombanya pun cukup ketat dan teliti. So, buat temen-temen yang berkeinginan untuk mengikuti perlombaan ini dan mewakili sekolah, diharapkan bisa mempersiapkan segalanya dengan matang, baik kondisi kesehatan, mental dan materi perlombaan. Salam Robotino….

SMK Bisa…

#LKSJabar
#MobileRobotino
#SMKBisa
#SMKTelesandi

Facebook Comments

POST A COMMENT.