SELAMAT, SMK TELEKOMUNIKASI TELESANDI JUARAI LKS 2018 TINGKAT KABUPATEN BEKASI

Setelah melalui seleksi pada tanggal 4 sampai 5 September 2018, akhirnya diperoleh pemenang yang akan mewakili tingkat provinsi Kab. Bekasi dan Kota Bandung untuk 4 bidang lomba yang di selenggarakan :

  • Bidang IT Software Solution for Business

Juara I diraih oleh M. Putra Naufal dari SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi,

  • Bidang Information Technology / Networking

Juara I diraih oleh Rico Chandra dari SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi, Juara II diraih oleh Fadhilatus Zahroh dari SMKS Al Muslim, dan Juara III diraih oleh Aditya Maulana dari SMKS HS Agung.

  • Bidang Web Design

Juara I diraih oleh Kevin Rizky Sakti dari SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi, Juara II diraih oleh Fachriansyah M. Nur Ihsan dari SMKN 1 Cikarang Utara, dan Juara III diraih oleh Dhimas Aditya S dari SMKN 1 Cikarang Barat.

  • Bidang Graphic Design Technology

Juara I diraih oleh Sandy Eliezer G. dari SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi, Juara II diraih oleh Rio Aryan Ardana P.dari SMKN 1 Cikarang Utara, dan Juara III diraih oleh Fariz Ahmad F dari SMKN 1 Cikarang Barat.

Bidang lomba Information Technology/Networking terdiri dari 2 modul. Modul A meliputi pengkabelan, instalasi OS, DHCP dan konfigurasi IP, DNS, WEB Server, FTP, Mail, SSH sedangkan Modul B meliputi Routing dengan menggunakan Packet Tracert. Menurut peserta dari SMK Al Muslim, Fadhilah yang tahun lalu sebagai perwakilan kabupaten Bekasi pada tingkat provinsi, tingkat kesulitan soal tahun ini lebih kompleks dan mempunyai kemiripan dengan soal tingkat provinsi tahun lalu. Kendala selama pelaksanaan lebih cenderung kepada kesiapan hardware pada saat lomba.

Bidang lomba Web design terdiri dari 3 modul. Modul A desain website menggunakan photo shop (mock up), modul B mendesain web dengan menggunakan CSS dan HTML, modul C membuat sistem yang ditentukan di soal dengan menggunakan data base.  Pada akhir lomba peserta diminta untuk mempresentasikan hasil karyanya di depan peserta yang lain dan tim juri. Menurut peserta Kevin Rizky Sakti, tingkat kesulitan yang paling rumit pada modul C karena harus menggunakan logika dan memikirkan idenya sendiri.

Bidang lomba Graphic Design Technology terdiri dari 3 modul. Modul A membuat corporate identity, modul B membuat packaging design, dan modul C membuat promotion design.

Dewan juri yang dilibatkan berasal dari paraktisi akademisi, professional/praktisi design grafis dan dari dunia industry. Penilaian dilakukan secara profesional berasaskan kejujuran dengan mengedepankan proses dan hasil yang maksimal sesuai dengan standar penilaian.

Pesan dari Bapak Rachmani ketua MKKS Kabupaten Bekasi bahwa dalam perlombaan ini hanya ada dua kata sakti yaitu menang dan kalah. Bukan berarti yang kalah tidak baik dan yang menang jadi jumawa. SMK yang terbaik adalah SMK yang mengirimkan pesertanya untuk mengikuti lomba dan SMK yang tidak baik adalah SMK yang tidak mengirimkan pesertanya. MKKS ingin dalam pelaksanaan tingkat provinsi sukses pelaksanaan dan sukses hasil berlandaskan kejujuran dengan meninggalkan kepentingan tuan rumah yang dulunya ingin menjadi dominan. Provinsi Jawa Barat di tingkat nasional selalu ketinggalan berada di peringkat 4 dan bercita – cita ingin menjadi juara di tingkat Nasional. Semoga kegiatan ini menjadi ajang kegiatan yang positif untuk merefleksikan proses pembelajaran di tingkat kejuruan. Meningkatkan kualitas layanan pada peserta didik untuk menciptakan lulusan yang mampu berkompetensi di pasar bebas.

 

 

 

 

Facebook Comments

POST A COMMENT.